Cara Mengembalikan Siklus Tidur Normal

Tidur adalah salah satu adegan yang sangat penting dalam hidup seseorang. Meski terlihat pasif, tidur memiliki peran vital bagi performa seseorang. Mayoritas orang pasti setuju jika kualitas tidur sangat menentukan kualitas kehidupan. Bagi yang sudah terlalu lama memiliki masalah dengan pola tidur yang tidak normal, akan sangat sulit mengembalikan pola tidur seperti biasa. Apalagi bagi seseorang yang merasa jam tidurnya sudah sangat berantakan, sulit tidur malam hari dan tidur sepanjang matahari terbit. Betapa merugi rasanya kehilangan sensasi bangun di pagi hari hingga mengidap sleep inertia (rasa malas untuk bangun dari tempat tidur).e833308b4a1de5a5288adfaef7a43c32

Untuk mengembalikan pola tidur kembali alami, coba dengan teknik Kelelahan Tubuh Maksimal

Langsung Bangun

Bagi yang hobi begadang atau sulit tidur malam hari biasanya akan tertidur dengan sendirinya akibat kelelahan menahan kantuk. Jika rata-rata baru tidur jam 4 pagi, kemungkinan first-awake adalah jam 9 atau jam 10 pagi. Nah, di momen ini biasanya seseorang hanya terbangun membuka mata dan memilih tidur lagi karena tubuh merasa masih kurang tidur sehingga memaksa kita untuk tidur lagi. Sebisa mungkin, lawan rasa berat tersebut, first awake adalah momen yang tepat untuk langsung bangun meski tubuh terasa lelah. Ini langkah pertama

Jaga Pola Makan

Jika sulit tidurnya sudah terlalu parah, jangan lupa makan dulu sebelum akan tidur. Beri tubuh banyak asupan makanan bergizi. Minum susu sangat disarankan. Pastikan jam makan tidak ada yang terlewatkan dan yang paling penting jaga agar tubuh terus terhidrasi baik dengan banyak minum air putih.

Jangan Tidur Siang

Sekuat tenaga, tahanlah godaan untuk tidur siang. Langkah paling tepat adalah tidak tidur sejak first awake sampai jam 10 malam. Untuk menjaga tubuh supaya tidak tertidur, lakukan aktivitas yang disukai dan berkumpul dengan teman-teman adalah pilihan yang tepat. Usahakan Anda berada di lokasi-lokasi yang tidak nyaman untuk tidur.

Berolahraga

Untuk menambah tingkat kelelahan tubuh, lakukan olahraga sore hari. Olahraga ringan dengan durasi sedang, 15-30 menit. Hal ini berguna untuk menjaga kelelahan tubuh.

Kelelahan tubuh diharapkan bisa mencapai titik maksimal pada jam 10 malam sehingga tubuh tidak dapat berkompromi untuk tetap terjaga, hanya ada satu pilihan: TIDUR.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s