BBM Langka, Sesaat Kota Bernafas Lega

Dua hari belakangan, kelangkaan bahan bakar marak terjadi dimana-mana di wilayah Banda Aceh dan sekitarnya. Menurut pantauan saya, dimulai sejak minggu lalu dengan kelangkaan bahan bakar gas kemudian disusul kelangkaan bahan bakar minyak. Antrian panjang pun terjadi dimana-mana, pasokan habis, membuat banyak emosi yang bengis. Komentar langsung, di twitter, maupun di facebook, trennya adalah BBM langka. Aktivitas keseharian nyaris mati karena keadaan paceklik minyak sehari. Jikalaupun ada bensin, pengecer menjualnya dengan harga tinggi, mencapai Rp10.000/liter, suatu hal yang gila jika memanfaatkan situasi untuk kepentingan diri sendiri. Hingga hari ini pasokan dari Pertamina berdatangan di beberapa SPBU, bisa ditebak antrian panjang hingga hitungan kilometer bukan lagi pemandangan yang langka di beberapa sudut kota.

Saya sendiri tak terpengaruh dengan hiruk pikuk ini karena persediaan bahan bakar semua kendaraan di rumah aman. Tapi cukup sedih juga hal ini bisa terjadi di ibukota Provinsi. Lebih sedihnya lagi, caci maki yang tersalurkan dengan begitu mulusnya. Tak ada pihak yang berhak disalahkan. Kita ambil positifnya saja untuk bersabar. Mungkin saja stok bahan bakar memang habis karena sifat kita yang sangat konsumtif.

Disisi lain kota ini bisa sejenak menghela nafasnya. Sejenak terbebas dari kepulan racun di udara. Lihat saja, banyak yang mengayuh sepeda untuk ke sekolah atau bekerja. Anggap saja hari-hari tanpa BBM belakangan ini adalah pengganti ‘Car Free Day’ yang telah mati, padahal usianya hanya sehari. Sejenak kita peduli pada bumi yang sejak dulu menghidupi.  Lagipula kejadian ini menegur kita agar tidak selalu tergantung kepada mesin meskipun kehadirannya memudahkan kita. Tapi biarkan sesekali memberi ruang pada kota, biarkan sesaat kota ini bernafas lega.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s