Sejarah Lahirnya GAM (Gerakan Aceh Merdeka)

Bicara GAM (Gerakan Aceh Merdeka), mau tak mau, harus bicara kelahiran negara Republik Indonesia. Sebab, dari situlah kisah gerakan menuntut kemerdekaan dimulai. Lima hari setelah RI diproklamasikan, Aceh menyatakan dukungan sepenuhnya terhadap kekuasaan pemerintahan yang berpusat di Jakarta. Dibawah Residen Aceh, yang juga tokoh terkemuka, Tengku Nyak Arief, Aceh menyatakan janji kesetiaan, mendukung kemerdekaan RI dan Aceh sebagai bagian tak terpisahkan. Pada 23 Agustus 1945, sedikitnya 56 tokoh Aceh berkumpul dan mengucapkan sumpah. ”Demi Allah, saya akan setia untuk membela kemerdekaan Republik Indonesia sampai titik darah saya yang terakhir.”

Kecuali Mohammad Daud Beureueh, seluruh tokoh dan ulama Aceh mengucapkan janji itu. Pukul 10.00, Husein Naim dan M Amin Bugeh mengibarkan bendera di gedung Shu Chokan (kini, kantor gubernur). Teuku Nyak Arief Gubernur di bumi Serambi Mekkah.

Tetapi, ternyata tak semua tokoh Aceh mengucapkan janji setia. Mereka para hulubalang, prajurit di medan laga. Prajurit yang berjuang melawan Belanda dan Jepang. Mereka yakin, tanpa RI, mereka bisa mengelola sendiri negara Aceh. Inilah kisah awal sebuah gerakan kemerdekaan. Motornya adalah Daud Cumbok. Markasnya di daerah Bireuen. Tokoh-tokoh ulama menentang Daud Cumbok. Melalui tokoh dan pejuang Aceh, M. Nur El Ibrahimy, Daud Cumbok digempur dan kalah. Dalam sejarah, perang ini dinamakan perang saudara atau Perang Cumbok yang menewaskan tak kurang 1.500 orang selama setahun hingga 1946. Tahun 1948, ketika pemerintahan RI berpindah ke Yogyakarta dan Syafrudin Prawiranegara ditunjuk sebagai Presiden Pemerintahan Darurat RI (PDRI), Aceh minta menjadi propinsi sendiri. Saat itulah, M. Daud Beureueh ditunjuk sebagai Gubernur Militer Aceh.

Oleh karena kondisi negara terus labil dan Belanda merajalela kembali, muncul gagasan melepaskan diri dari RI. Ide datang dari dr. Mansur. Wilayahnya tak cuma Aceh. Tetapi, meliputi Aceh, Nias, Tapanuli, Sumatera Selatan, Lampung, Bengkalis, Indragiri, Riau, Bengkulu, Jambi, dan Minangkabau. Daud Beureueh menentang ide ini. Dia pun berkampanye kepada seluruh rakyat, bahwa Aceh adalah bagian RI. Sebagai tanda bukti, Beureueh memobilisasi dana rakyat. Setahun kemudian, 1949, Beureueh berhasil mengumpulkan dana rakyat 500.000 dolar AS. Uang itu disumbangkan utuh buat bangsa Indonesia. Uang itu diberikan ABRI 250 ribu dolar, 50 ribu dolar untuk perkantoran pemerintahan negara RI, 100 ribu dolar untuk pengembalian pemerintahan RI dari Yogyakarta ke Jakarta, dan 100 ribu dolar diberikan kepada pemerintah pusat melalui AA Maramis. Aceh juga menyumbang emas lantakan untuk membeli obligasi pemerintah, membiayai berdirinya perwakilan RI di India, Singapura dan pembelian dua pesawat terbang untuk keperluan para pemimpin RI. Saat itu Soekarno menyebut Aceh adalah modal utama kemerdekaan RI.
Setahun berlangsung, kekecewaan tumbuh. Propinsi Aceh dilebur ke Propinsi Sumatera Utara. Rakyat Aceh marah. Apalagi, janji Soekarno pada 16 Juni 1948 bahwa Aceh akan diberi hak mengurus rumah tangganya sendiri sesuai syariat Islam tak juga dipenuhi. Intinya, Daud Beureueh ingin pengakuan hak menjalankan agama di Aceh. Bukan dilarang. Beureueh tak minta merdeka, cuma minta kebebasan menjalankan agamanya sesuai syariat Islam. Daud Beureueh pun menggulirkan ide pembentukan Negara Islam Indonesia pada April 1953. Ide ini di Jawa Barat telah diusung Kartosuwiryo pada 1949 melalui Darul Islam. Lima bulan kemudian, Beureueh menyatakan bergabung dan mengakui NII Kartosuwiryo. Dari sinilah lantas Beureueh melakukan gerilya. Rakyat Aceh, yang notabene Islam, mendukung sepenuhnya ide NII itu. Tentara NII pun dibentuk, bernama Tentara Islam Indonesia (TII). Lantas, terkenallah pemberontakan DI/TII di sejumlah daerah. Beureueh lari ke hutan. Cuma, ada tragedi di sini. Pada 1955 telah terjadi pembunuhan masal oleh TNI. Sekitar 64 warga Aceh tak berdosa dibariskan di lapangan lalu ditembaki. Aksi ini mengecewakan tokoh Aceh yang pro-Soekarno. Melalui berbagai gejolak dan perundingan, pada 1959, Aceh memperoleh status propinsi daerah istimewa.
Beureueh merasa dikhianati Soekarno. Bung Karno tidak mengindahkan struktur kepemimpinan adat dan tak menghargai peranan ulama dalam kehidupan bernegara. Padahal, rakyat Aceh itu sangat besar kepercayaannya kepada ulama. Gerilya dilakukan. Tetapi, Bung Karno mengerahkan tentaranya ke Aceh. Tahun 1962, Beureueh dibujuk menantunya El Ibrahimy agar menuruti Menhankam AH Nasution untuk menyerah. Beureueh menurut karena ada janji akan dibuatkan UU Syariat Islam bagi rakyat Aceh (baru terwujud tahun 2001).

GAM lahir di era Soeharto. Saat itu, sedang terjadi industrialisasi di Aceh. Soeharto benar-benar mencampakkan adat dan segala penghormatan rakyat Aceh. Efek judi melahirkan prostitusi, mabuk-mabukan, bar, dan segala macam yang bertentangan dengan Islam dan adat rakyat Aceh. Kekayaan alam Aceh dikuras melalui pembangunan industri yang dikuasai orang asing melalui restu pusat. Sementara rakyat Aceh tetap miskin. Pendidikan rendah, kondisi ekonomi sangat memprihatinkan. Melihat hal ini, Daud Beureueh dan tokoh tua Aceh yang sudah tenang kemudian bergerilya kembali untuk mengembalikan kehormatan rakyat, adat Aceh dan agama Islam. Pertemuan digagas tahun 1970-an. Mereka sepakat meneruskan pembentukan Republik Islam Aceh, yakni sebuah negeri yang mulia dan penuh ampunan Tuhan. Kini mereka sadar, tujuan itu tak bisa tercapai tanpa senjata. Lalu diutuslah Zainal Abidin menemui Hasan Tiro yang sedang belajar di Amerika. Pertemuan terjadi tahun 1972 dan disepakati Tiro akan mengirim senjata ke Aceh. Zainal tak lain adalah kakak Tiro. Sayang, senjata tak juga dikirim hingga Beureueh meninggal. Hasan Asleh, Jamil Amin, Zainal Abidin, Hasan Tiro, Ilyas Leubee, dan masih banyak lagi berkumpul di kaki Gunung Halimun, Pidie. Di sana, pada 24 Mei 1977, para tokoh eks DI/TII dan tokoh muda Aceh mendirikan GAM. Selama empat hari bersidang, Daud Beureueh ditunjuk sebagai pemimpin tertinggi. Sementara Hasan Tiro yang tak hadir dalam pendirian GAM itu ditunjuk sebagai wali negara. GAM terdiri atas 15 menteri, empat pejabat setingkat menteri dan enam gubernur. Mereka pun bergerilya memuliakan rakyat Aceh, adat, dan agamanya yang diinjak-injak Soeharto.

Miliki Pabrik Senjata dan Berlatih di Libia
Setelah didirikan, GAM mendapat dukungan rakyat. Hubungan dengan dunia internasional terus dibangun. Kekuatan bersenjata pun disusun. Berapa anggota GAM, bagaimana kekuatannya, jaringan internasionalnya, dan dananya?

Masih ingat deadline maklumat pemerintah 12 Mei 2003 lalu. Hingga batas waktu ultimatum, pemerintah tak juga mengeluarkan keputusan sebagai tanda awal operasi militer ke Aceh. Konon, saat itu pemerintah menghitung kekuatan TNI di sana. Ada kekhawatiran, TNI bakal dilibas GAM melalui perang gerilya. Secara tidak langsung, kabar ini menyiratkan ketangguhan kekuatan bersenjata GAM. Sesungguhnya jumlah anggota GAM itu sebagian besar rakyat Aceh. Filosofinya begini. Jika rakyat terus ditindas, maka seluruh rakyat itu akan bangkit melawan. Dan, hal seperti inilah yang terjadi di bumi Serambi Mekah itu. Perlawanan GAM mendapat simpati luar biasa dari rakyat Aceh. Rakyat yang lama ternista dan teraniaya. Sambil berkelakar, Panglima Tertinggi GAM dan Wakil Wali Negara Aceh Tengku Abdullah Syafei (alm) sempat mengatakan, bayi-bayi warga Aceh telah disediakan senjata AK-47 oleh GAM. Mereka akan dididik dan dilatih sebagai tentara GAM dan segera pergi berperang melawan TNI.
Sejatinya, basis perjuangan GAM dilakukan dalam dua sisi, diplomatik dan bersenjata. Jalur diplomasi langsung dipimpin Hasan Tiro dari Swedia. Opini dunia dikendalikan dari sini. Sementara basis militer dikendalikan dari markasnya di perbatasan Aceh Utara-Pidie. Seluruh kekuatan GAM dioperasikan dari tempat ini. Termasuk, seluruh komando di sejumlah wilayah di Aceh dan di beberapa negara seperti Malaysia, Pattani (Thailand), Moro (Filipina), Afghanistan, dan Kazakhstan. Tetapi, kerap GAM menipu TNI dengan cara mengubah-ubah tempat markas utamanya. Di seluruh Aceh, GAM membuka tujuh komando, yaitu komando wilayah Pase Pantebahagia, Peurulak, Tamiang, Bateelik, Pidie, Aceh Darussalam, dan Meureum. Masing-masing komando dibawahi panglima wilayah.
Sejak berdiri tahun 1977, GAM dengan cepat melakukan pendidikan militer bagi anggota-anggotanya. Setidaknya tahun 1980-an, ribuan anak muda dilatih di camp militer di Libia. Saat itu, Presiden Libia Mohammar Khadafi mengadakan pelatihan militer bagi gerakan separatis dan teroris di seluruh dunia. Hasan Tiro berhasil memasukkan nama GAM sebagai salah satu peserta pelatihan. Pemuda kader GAM juga berhasil masuk dalam latihan di camp militer di Kandahar, Afghanistan pimpinan Osama bin Laden. Gelombang pertama masuk tahun 1986, selanjutnya terus dilakukan hingga akhir 1990. Selama DOM, pengiriman tersendat. Tetapi, angkatan 1995-1998 sudah mendapat latihan intensif. Ketika DOM dicabut, prajurit dari Libia ini ditarik ke Aceh. Jumlahnya sekitar 5.000 personel dan dijadikan pasukan elite GAM (semacam Kopassus). Jalur ke Libia memang agak mudah. Dari Aceh, para pemuda Aceh itu dikirim melalui Malaysia lalu menuju Libia. Jalur lainnya dari Aceh lalu ke Thailand menuju Afghanistan dan melanjutkan ke Libia. Dari jalur ketiga, yakni melalui Aceh menuju Filipina Selatan dan ke Libia. Tiga jalur penting ini hampir selalu lolos dari jangkauan petugas imigrasi, polisi, dan patroli TNI-AL. Di era Syafei hingga sekarang dipegang Muzakkir Manaf, personel GAM terdiri atas pasukan tempur, intelijen, polisi, pasukan inong baleh (pasukan janda korban DOM) dan karades (pasukan khusus) serta Lasykar Tjut Nyak Dien (tentara wanita). Wakil Panglima GAM Wilayah Pase Akhmad Kandang (alm) pernah mengklaim, jumlah personel GAM 70 ribu. Anggota GAM 490 ribu. Jumlah itu termasuk jumlah korban DOM 6.169 orang.
Sumber resmi Mabes TNI cuma menyebut sekitar enam ribu orang. Mantan Menhan Machfud MD menyebut 4.869 personel. Dari jumlah itu, 804 di antaranya dididik di Libia dan 115 dilatih di Filipina — Moro. Persediaan senjatanya terdiri atas pistol, senapan, GLM, mortir, granat, pelontar granat, pelontar roket, RPG, dan bom rakitan. Jenis senapan di antaranya AK-47, M-16, FN, Colt, dan SS-1. Dari mana persenjataan itu diperoleh? Ada jalur internasional yang menyuplainya. Sejumlah negara disebut antara lain, gerakan separatis Pattani Thailand, Malaysia, gerakan Islam Moro Filipina, eks pejuang Kamboja, gerakan separatis Sikh India, gerakan Elan Tamil, dan Kazhakstan serta Libia dan Afghanistan. GAM juga membuat pabrik senjata. Di antaranya, di Kreung Sabe, Teunom — Aceh Barat — dan di Lhokseumawe dan Nisau-Aceh Utara serta di Aceh Timur. Jenis senjata yang diproduksi seperti bom, amunisi, senjata laras panjang dan pendek, pabrik senjata ini bisa dibongkar pasang sesuai dengan kondisi medan. Jika akan diserbu TNI, pabrik senjata telah dipindahkan ke daerah lain. Para ahli senjata disekolahkan ke Afghanistan dan Libia.

Senjata-Senjata GAM juga berasal dari Jakarta dan Bandung. Pasar gelap senjata ini dilakukan oleh oknum TNI dan Polri yang haus kekayaan. Bagi GAM, asal ada senjata, uang tidak masalah. Sebab, faktanya GAM ternyata memiliki sumber dana yang sangat besar. Jumlah pembelian ke oknum TNI/Polri ini bisa trilyunan rupiah. Sebuah penggerebekan tahun 2000 oleh Polda Metro Jaya sempat menemukan kuitansi Rp 3 milyar untuk pembelian senjata GAM di pasar gelap dari oknum TNI. Kini, senjata yang dimiliki TNI juga dimiliki GAM. Yang tak dimiliki GAM adalah senjata berat. Sebab, sifatnya yang lamban. Prinsip GAM, senjata itu harus memiliki mobilitas tinggi, mudah dibawa ke mana-mana. Sebab, strategi perangnya yang hit and run. GAM bahkan mengaku memiliki senjata yang lebih modern daripada TNI. Misalnya, senjata otomatis yang dimiliki para karades. Senjata otomatis, berbentuk kecil mungil itu bisa tahan berhari-hari dalam air. Anggota karades inilah yang biasa menyusup ke kota-kota dan menyergap anggota TNI/Polri yang teledor.

Membeli senjata tentu dengan uang melimpah. Sebab, harganya yang tak murah. Lantas, dari mana mereka mendapatkan dana? GAM memiliki donatur tetap dari pengusaha-pengusaha Aceh yang sukses di luar negeri. Di antaranya, di Thailand, Malaysia, Singapura, Amerika, dan Eropa. Dana juga didapatkan dari sumbangan wajib yang diambil dari perusahaan-perusahaan lokal dan multinasional di Aceh. Sebagai gambaran, tahun 2000 lalu, GAM meminta sumbangan wajib kepada seorang pengusaha lokal bernama Tengku Abu Bakar sebesar Rp 100 juta. Abu Bakar diberi surat berkop Neugara Atjeh-Sumatera tertanggal 15 Februari 2000 yang ditandatangani oleh Panglima GAM Wilayah Aceh Rajek Tengku Tarzura. Mantan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) pernah menyebut Pupuk Iskandar Muda pernah menyetor Rp 10 milyar ke GAM untuk biaya keamanan. GAM kerap melakukan gangguan bila tidak mendapatkan sumbangan wajib tersebut. Makanya, setiap bulan, GAM mendapat upeti dari para pengusaha ”sahabat GAM” itu. Sistem komunikasi GAM juga sangat canggih. Sistem komunikasi berlapis dilakukan GAM sebagai benteng pertahanan dan propaganda. Selain handytalky, GAM juga memiliki radio tranking, radar dan telepon satelit. GAM juga memiliki penyadap telepon. Acap kali gerakan TNI/Polri dimentahkan aksi-aksi penyadapan ini. Penggerebekan sering kali gagal total.
Sistem organisasinya yang disusun dengan sistem sel juga membantu GAM survive. Tidak mudah menemukan markas GAM. Meski, ada sebagian anggota GAM yang ditangkap. Antara anggota dan pejabat satu dengan yang lain kadang tidak berhubungan, tidak saling mengenal. Ketua Umum Forum Perjuangan dan Keadilan Rakyat Aceh (FOPKRA) Shalahuddin Al Fatah menuturkan, sejak zaman Belanda, rakyat Aceh memang tidak pernah menang. Tetapi, rakyat Aceh tidak pernah ditaklukkan. Fakta sejarah pula, gerakan rakyat Aceh menentang pusat tidak pernah menang. Tetapi, TNI tidak pernah bisa menaklukkan mereka.

sumberTentang Aceh

72 thoughts on “Sejarah Lahirnya GAM (Gerakan Aceh Merdeka)

  1. jika aja saat ine lagi perang saya pasti akan ikut berperang ,,,
    dngan jiwa dan dngan semangat darah bangsa aceh ,,,

    www,asliaceh.com

  2. Darah tidak bisa di bohongi

    sejarah lebih tajam dari pedang
    dan
    sejarah lebih kuat dari senjata

    perjuangan bangsa atjeh belum berakhir.cam kan itu

    bagi rakyat atjeh untuk menuntut kemerdekaan adalah ibarat nya BOM WAKTU

    Kami sedang menunggu sosok pemimpin yang handal

    atjeh akan berkecamuk kembali

  3. banyak cerita yang tak pernah di publikasikan dlam perkembangan sejarah aceh, banyak yang di sembunyikan dalam perang melawan penjajah,, dimanakah ke istimewaan kita rakyat atjeh, bukan kah kita yang mempertahan kan indonesia di saat wilayah yang lainnya di kuasai belanda, bukan kah kita yang dengan gagah memberi perlawanan pada penjajah, apakah tak cukup pemberian perjuangan kita di indonesia,, dari darah para pjuang, bekal untuk perang, alat untuk perang, harta kita relakan untuk perang, tapi kenapa kita yang dilupakan,, KAMI TAK MELAWAN JIKA DI PERLAKUKAN LAYAKNYA DENGAN PA YANG TELAH KAMI BERIKAN KEPADAMU INDONESIA

  4. Saya wakil dari Malaysia ingin mengucapkan, teruskan perjuanganmu wahai Aceh Darussalam. Semoga Aceh Darussalam diberikan kemerdekaan dan terus berjaya seperti Brunei Darussalam.

  5. Semoga keindahan dan rasa perdamaian yang Islami tidak cuma dikibarkan di Aceh tapi seluruh Indonesia. Karena Islam adalah rahmat untuk semua.

  6. hehehehehehhee saya warga sumateraaaa………………mendukung tindakan rakyat acehhhh,,,untuk merdekaaa….karena bangsa yang ada sekarang dipimpin oleh orang yang berasal dari jawaaa yang selelu korupsiii……tak pernah menghargaiii agama….mereka kaum munafikkkk………………….berpura pura beragama…..tingkah lakiunya bejat…..dari suekarno,soeharto…pembohong sejarahhh mereka memihak asing…gusdur,,pluralisme,megawati…pluralisme….sby…kesmuanya dari jawa…..habibi ,muhamad hatta,,,jusuf kalla…mereka tidak ada kasuss…dan mereka orang luar jawa………….

  7. Kita negara Islam,
    negara yang baik adalah yang menjujung tinggi Agama, Jangan pikir kan “Apa yang telah Negara Berikan Kepada kita, Tapi Berpikir lah Apa yang bisa kita Berikan Kenegara Kita” bukan lebih baik begitu bung, Saya pun pernah ditindas Tapi saya yakin Pada Allah, Karna dia tak pernah tidur, n maha melihat, perang haya menyisah kan kepedihan buat masa depan, anak cucu kita. Kenapa kita tak bersatu memikir kan kemajuan Negara Islam yang Pantut jadi contoh negara lain, karna hanya negara kita yang terbesar masyarakat muslimnya. Maaf Sebelum nya. Bukan saya tidak setuju, saling perang pun Haram hukumnya.

  8. #Andi Dinda : Maaf sebelumnya Saya Orang jawa, n tingal dipalembang Semua orang sama, Diciptakan sempurna, Tak ada satun pun suku yang semuanya baik atau pun bajingan, itu tergantung Iman kita kepada sang Pencipta. Ingat kawan kita Islam jangan egois, PERANG HARAM, yang membunuh tidak baik yang dibunuh pun belum tentu baik.
    Yang pasti Ingat Allah Tidak Tidur and Maha Melihat.
    Saya bukan pun bukan ahli ibadah tapi saya menjunjung tinggi persaudaraan.

  9. dark invader..
    Atur aja negara mu dr sipat pecuri dan penghasut, munafik dan menjijikan. Bersyukur lh kalian karna indonesi masih bersabar terhadap negara kampungan kalian.
    Tidak ada yang lebih sungguh-sungguh selain indonesia malu harus menghabisi bangsa kecil kalian dan pemerintahan kami menjaga nama indonesia di mata internasional.
    Dan ketika indonesia telah mencapai misi untuk menjadi negara yang di segani di mata internasional,, maka dampak pada kalian akan terasa.
    Perlu di garis bawai..
    Sebenar nya negara kalian bukan serumpun lagi bagi indonesia..

    • Itu hanya pendapat kamu, masih ramai lagi rakyat indonesia akui kami malaysia dan indonesia memang serumpun…jangan mudah menuduh ya…

  10. aku hendra kurniawan, dari peropinsi jambi dan aku beragama islam.
    Email: meong_y@yahoo.com

    Maf apa bila sangat menyinggung.
    Sekedar untuk menyadarkan.

    untuk kalian semua.
    Tidak ada kemerdekaan di dalam negara yang merdeka selain memberontak untuk tujuan tertentu.
    Indonesia negara ku..
    Kemerdekaan indonesia adalah kemerdekaan seluruh bagian2 d indonesia.
    Bukan hanya pejuang aceh yg berjuang utk mrdeka, tapi masih banyak pejuang2 dari bermacam bagian indonesia turut berjuang yg tidak d ceritakan pd halaman ini.
    Dan untuk parakomentar d halaman ini.,
    Sadarkah kalian bahwa kalian sama saja dengan penghianat indonesia?
    Atas landasan apa kalian inginkan perpecahan pada indonesia dan menyeruhkan peperangan saudara? Atau kah kalian cm membaca dn mengetahui sejarah aceh saja?
    Bukan kh sejak beberapa tahun silam, gam sudah berdamai utk bersatu pada indonesia.. Lalu kenapa kalian inginkan perpecahan lagi?, sedangkan klompok yg kalian maksud telah kembali bersama indonesia.

    Hai..
    Ini indonesia ku.. Aceh bagian dari indonesia ku termasuk semua wilaya bagian lain nya adalah milik indonesia ku..
    Aku mencintai indonesia termasuk kebudayaan nya dan kewilayaan di seluruh tenpat bagian indonesia
    Aku mencintai persatuan indonesia dan membenci siapapun yg memecah-mecahkan negara ku.
    Dan aku membenci pemberontak yg ingin memisahkan suatu tempat dari kewilayaan indonesia.
    Serta aku mendukung kemajuan indonesia ku.
    Tapi q turut berterimakasih atas perjuangan aceh terhadap indonesia ku..

    Hanya itu.
    Terimakasih.

    • bangsa aceh adl satu bangsa yg m’junjung tinggi adat istiadat_y, agama_y dan tanah air_y.. mmiliki solidaritas yg tinggi, toleran kpd smua bangsa bahkan agama.. pa yg sudah d berikn dan d korbankn oleh aceh utk hindia belanda abad-20 (indonesia) sungguhlh tak t’nilai harga_y.. tp, pa blsn indonesia tuk aceh?? rakyt aceh tak m’minta speserpn dr indonesia malah mreka m’beri utk indonesia.. tp, indonesia hny bs mnipu ‘n mnindas rakyt aceh.. kata_y bangsa besar, koq mlwn aceh aja hrs kroyokan?! nonsense..

    • harus tau mas.. dasar negara indonesia itu apa2 saja…..
      anda harus banyak membaca. karna dalam dala RIS aceh tidak termasuk dalamnya.. jd jangan sok tau yaa

    • SETUJU BANG……INGAT SUMPAH PEMUDA !!!!…BHINNEKA TUNGGAL IKA….DAN PANCASILA….jangan selalu menutut hakmu kepada negara tapi kewajibanmu kepada negara tidak pernah kamu berikan……….

    • halah banuak kali bacot kau anjing…kalo berani peraang, ngapain juga lama2…serang tuh tni kalo berani, yang nulis blog ini memang GAM, kayaknya harus mati deh, ane tau yang namanya waru…tunggu aja

  11. menye niet goet pasti jroh yang akan neubri le po teuh ALLH SWT…..tapi FAKTA SEKARANG BANYAK YANG SUDAH MELENCENG,coba ya kalo tunggku abdullah syafi’ie beliau maseh hidup pasti aceh nggak bakalan am buradur seperti skarang yang hanya di atur oleh pak tua pak tua itu-red pribadi……!!!!!
    semoga tgk abdullah syafi’ie beu leuwah kubu amiiiiiiiiiiiiiiiiiin ya ALLAH.

  12. Jngan cuma bilang orang jawa kumpul kebo.aku aja dah pernah hdup d aceh.banyak juga yang beranak g ada suami
    Banyak juga yang ngangkang2 d gelap2 sambil asik goyang2 ma bukan muhrim.itu namanya negara islam?
    Mo jadi negara sok x.baju2 mainan2 smua ªa̲̅Jå kiriman jakarta.gak malu Qe hai agam inong.bek peugah yg kon2.kah dajjal masa kini

  13. Mohon Maaf untuk Saudara q di Aceh sana bila masih banyak PEJABAT INDONESIA yg BErbuat DZalim ,
    Tapi Untuk apakah Kalian Ingin Memisahkan diRi , Kalian Mungkin Lebih Baik dalam Mengenal ISlam dan Syariat Silam , Tentu Kalian lebih paham BEtapa Indah nya Islam , Mari Bersama sama memperbaiki NEGERI ini , Bukankan Itu JIHAD yg LEbih BAik dari Pada PErang ,
    Apakah Negeri Muslim di Timur Tengan Muslim dan Non MUslim tidak Hidup Berdampingan , Mari Tunjukan BEtapa Indah nya Agama ini BUkan dengan cara Memisahkan diri,
    q selalu berdoa Lahir Pemimpin yg Baik Di NEgeri ini yg Mau ber Buat Adil.
    Salam Sahabat dari Jawa

  14. negara ini akan aman jika memakai hukum agama islam, dunia akan kacau jika tidak memakai aturan/hukum yg benar hukum yg benar di mata allah cuman islam…
    w stuju jika aceh / daerah laen memakai hukum islam..

  15. nyoe loen ; Aceh tak kan pernah takluk kepada musuh, Alm Hasan Tiro pernah mengucakan Aceh lebih rela berperang sampai kiamat dari pada takluk terhadap musuh, cam kan itu. Aceh belum kalah ama RI cuma berdamai….

  16. Aku menyesal udah jdi warga indonesia murka. Aneuk bajuenk.

    Indonesia jawa toktok. Sirik iri.
    Ap urusan.a am aceh kmi gk suka berkaum am jawa .tpi jawa.a nyolodot. Tak mw pisah, lontee.

  17. Sekarang GAM jdi partai sapa lghi atuh yg akan memperjuangkan penegakan syariat islam secara kafah di aceh mogha2 se luruh nusantara
    amin..

  18. L0eng ureung Aceh,,,nenek agam l0neg ureung perjuangan awai,alm,
    jdi dlam darah l0eng untuk jadi se0rang perjuangan Aceh,meny0 k0nflik Aceh l0m l0ng insya Allah akan l0ng prang si jawa pa i nyan,
    sleum aneuk nanggr0e,
    wilayah peurlak,atim,

  19. ga ada aceh negara indone ga punya apa2..
    pesawat indonesia rakyat aceh yg beli 2 pesawat..
    indone itu miskin sama halnya dengan presiden2 jawa yg biadap tukang khianat

  20. pd dasarnya smua mnusia itu punya nafsu & ksalahan itu wujud nyatanya. jd jngan mnyalahkan orang jawa sbgai ksalahan indonesia. nafsu (ksalahan) tak mngenal suku/ras. smua suku/orang psti punya nafsu.
    para Pimpinan Aceh sperti : Teuku Nyak Arif, Husein Naim, M Nur EL ibrahimy & M Amin Bugeh dll pd tgl 23 Agustus 45 mnyatakan bhwa Aceh adalah bagian dr Indonesia kcuali Mohmad Daud Beureueh dan pd akhirnya terjadi perang sodara di Aceh dan Mohammad Daud Beureueh mati dlm perang tersebut.

    dan perlu di garis bawahi bahwa yg Pro Mohammad Daud Beureueh tidak lbih dr 500 orang, sdangkan warga Aceh yg menginginkan Aceh adalah bagian dr Indonesia lebih dari jutaan warga Aceh.
    apakah kalian ingin menghianati para Leluhur kalian untuk ngotot memisahkan diri dari Indonesia ( NKRI )

    • Indonesia tau yg pro kemerdekaan cuma sedikit daripada yg dukung indonesia, kenapa saat aceh minta referendum ga berani kasih, kan ga banyak yg mau merdeka pasti banyak yg milih gabung sama RI, jdi laksanakan aja Referendum di aceh

  21. Apa alasan kalian untk memisahkan diri dari Indonesia (NKRI)…..??

    jangan mudah terprofokasi sama orang2 yg tak bertanggung jawab apalagi karena
    hanya membaca artikel2 yg tidak jelas asal muasalnya dan tidak ada tanggung jawab samasekali.
    Perang tak mudah & perdamaian Lebih sangat mudah kawan kawan..

  22. Ingatlah….!
    Aceh hanya meminta kemerdekaan mereka yang telah diakui oleh dunia internasional pada masa dulu dan diobrak abrik pada masa sukarno….!
    Bayangkan saja, tanpa aceh mgkin sukarno tidak pernah merasakan pesawat, tanpa radio rimba raya mungkin negara luar sudah berpikir indonesia sudah direbut kembali oleh belanda….
    Tapi kenapa aceh selalu saja dipandang sebelah mata……
    Bangkasat….
    Kembalikan kemerdekaan Acehku…..
    Dasar bajingan

    • kita adalah bangsa besar,indonesia dari sabang sampai merauke adalah anugerah dari allah,janganlah kita bertengkar sesama anak bangsa,pahlawan kita dari sabang sampai merauke, dengan darah dan air mata berjuang buat anak cucu bangsa indonesia kelak,bersatulah kita sesama anak bangsa,jangan pernah terprovokasi oleh asing yg hanya memecah belah bangsa untuk keuntungan semata,aceh,jawa bugis,minang,papua dll,mari kita bangun indonesia,karena kita saudara setanah air.hidup bangsaku indonesia raya.

      • Benar sekali om faisal indonesia negera besar, kya akan sumber daya alamnya, yg miris kita negara besar yg kaya raya kok bisa rakyatnya miskin, kmana dibawa hasil kekayaan indonesia, apa tugas rakyat indonesia cuma cblos dan bayar pajak saja untuk negara, kalo ia seperti itu berarti indonesia bkan milik rakyat tapi milik sekelompok orang sahaja

    • Aceh bukan bagian NKRI toh yg ikrar ikut NKRI saat itu cuma 56 orang, bangsa aceh saat itu bukan cuma 56 orang, dalam sumpah pemuda pun tidak ada utusan young aceh, aceh juga tidak pernah menyerahkan kedaulatannya untuk belanda

  23. semuanya pada diri kita sendiri, kenap dari pertama kita kasih untuk orang, trus kta mintak plang, se umpama makalanan sudah dikasih makanan mana mugkin di ludah balek

    • semuanya pada diri kita sendiri, kenap dari pertama kita kasih untuk orang, trus kta mintak plang, se umpama makanan sudah dikasih mana mugkin di ludah balek

  24. Orang yang coment bela indonesia itu orang yg ngak tau apa-apa orang yg ngak punya peran apa-apa, sejarah orang aceh 500 tahun berperang untuk membela aceh harta dan agama dari perbudakan,dunia dapat berubah bro jika tidak ada perubahan aceh selalu akan bergejolak tunggu saja beberpa tahun kedepan bukan nya ngak cinta damai tapih kamu tidak akan pernah jadi orang islam jika perjudian perzinaan dan semua hal yang buruk sagat gampang di lakukan jika masih berada di bawah NKRI.kami orang aceh kami juga sagat mau martabat aceh tidak akan pernah pudar.

  25. Ɣɑ̤̥̈̊п̥̥̲ƍ pasti orang aceh tidak pernah takut akan perang …. Pemuda2 aceh sekarang Ƨe♍üåª terlahir dalam perang . Mereka lehir di tengah suara senjata . Mereka lahir di tengah pertempuran dan artinya jangankan jangan pernah menentang orang aceh untuk berperang karna aceh belum pernah merasakan damai dari perang lebih dari 10 tahun ….. Darah putra2 aceh sangatlah panas dan tidak pernah takut akan ancaman dari pihak mana saja .

  26. manusia itu ada ya baik ada jahat.. dari suku manapun pasti ada yang baik dan jahat. kalo kalian cara berpikirnya dangkal gini mau jadi apa.. kalau cuma mau emosi” an gini gak usah jadi manusia, jadi kuda nil ajj… berpikir dewasa lah,. sekolah itu buat kalian lebih dewasa dan mempunyai ilmu luas, islam itu cinta damai.. musyawarah untuk mufakat. dan seluruh rakyat indonesia diajak musyawah semua perwakilannya,.. jadi jgn goblok karena emosi.

  27. Perangmemang tidak baik, tapi apa mungkin kami diam aja ketika ibu bapak kakek nenek kluar dan oranng yg kita sayangi ditembak mati didpan kami? Tanpa aceh ya monas gada peswat gada , yg blg aceh blik bju dijkrta tu slah besaaar ! Pertama pelabuhaaan yg membawa brg* bagus semua yg elit dari macam* negara ke sabang baru org* medan dan jakrtaa mnta kirim dari aceh , tpi plbhan yg di sbg ditutup ! siapa tutup? Megawati! Cukuup org aceh dibantai klian yg ga ngerasainn gaatau gmnaa skitnyaa kami :'(

  28. skrng bkn damai,,,tp cma mendingin kan suasana yg lg memanas,,suatu saat nanti aceh pasti mngangkat snjta kmbli,,,cm hnya mnunggu wkt yg tpat sj,,,dri dhlu aceh sbuah ngra yg berdaulat,,bkn sbuah provinsi,,jd bkn hal yg mustahil jka aceh mnginginkan ngra nya kmbli

  29. assalamuallaikum wr.wb. maav saya org sumatera utara, saya muslim< maav bila sya sdkit ceramah, biarpun ibadah saya blum smpurna..
    ….. allah paling tidak snang menyelesaikn masalah dengan perang, apalagi sesama umat muslim, kita ini udh d adu domba, kita ini msulim trbsar d dunia… klo msih ad jln kluar dengan baik, ngpain harus perang, brperang tidak akn mnylesaikn masalah, kcuali brprang utk membela agama,. kita pun jgn trgila-gila trhdap harta dan tahta, d dunia ini kita sementara, cuma karna duniawi kita rela berperang sesama muslim… ingat kita ini seperjuangan, membela prov kita masing" dan mempertahankn negara kita brsama-sama… klo saya bilang, bukan aceh aj yg sengsara d jamam pak sukarno dan suharto, d setiap prov sengsara, pembantaian org tak brdosa d mana",.. tpi ini lh ujian yg d berikan allah buat rakyat indonesia, supaya kita bisa belajar atas kesalahan yg prnah trjadi d tahun lalu,.. allah memberikn kita akal dan pikiran ini supaya kita bisa mnyelesaikn mslah ini dgn sebaik-baiknya, tpi bukan jalan peperangan…..
    maka dari itu kita hrus blajar biar bisa memimpin negara ini sebaik" mungkn, bukan memecahkn prov utk mnyelesaikn mslah…. ( mohon maav bila saya ad salah kata yg mmbuat trsinggung prasaan kalian ) wasalam..

  30. sya bangsa aceh dari malaysia…sya sokong saudara sya dkat aceh ..aceh berhak mendpat kan negara ny kembali..bermula aceh menyumbang segemgam beras dmi negara indonesia..tetapi indon mlah menjajah bangsa aceh hingga aceh angkat senjata untuk menuntut negara ny kembali..sekira aceh tidak ikut indonesia munkin indonesia sudah jatuh miskin dari dalu..sebab itu indonisia takut klo aceh berdri sbuah negara..org aceh tidak akan takut dgan perang sebab dalam darah aceh adalah darah perjuangan leluhur dari jaman sbelum blanda menjajah..aceh adakah bangsa yg di segan di dunia..saya ingat indonesia bgtu kejam menbantai rakyat aceh..dan raknyat aceh tidak akan pernah memaafkan ny…walau skrg sudah dmai dalam dri rakyat aceh masi tetap ingin berperang…aceh tak kan diam sebelum pisah dgn indonesia…sya selaku bangsa aceh di smenanjung siap memperjuangkan aceh dan merebut kembali dari negara indonisia yg pemerintah jahannam..

  31. kami menginginkan aceh menjadi sebuah negara karna kami merasa tak cocok bergabung dg NKRI..dan itu bukan berarti kami tak cinta damai..kita perang kan karna aceh belum merdeka,tapi jika aceh sudah merdeka kita akan tetap menjadi saudara…

  32. loen anek aceh
    km kaum aceh
    aku tgas kan sekli lg jawa t miskin tak pu@ pa2 aceh yg kaya,kaya akn segala@ aku lera mati demi bangsa aceh,demi islam yang kaffah sepert zaman sultan iskandar muda,rakyat aceh siap mati demi kemerdekaan aceh,indon t tak tahu pa2 sejarah pun tak tau,aceh akan terus menggugat kEmerdekaan

    • Aceh bukan sebuah kaum(suku) aceh sebuah bangsa yg di akui oleh bangsa2 besar di saat sebelum indon menyorobot aceh,bahkan aceh masuk dalam 5 negara besar dan berpengaruh di dunia, jadi keu aneuk aceh bek sagai peugah droe kaum(suku) aceh, aceh nyoe saboh bangsa yg di dalam jih na suku2

  33. PROMO 100% IS BACK….!!!!!
    Salam royalflush99 untuk semua para pecinta royalflush99
    setelah promo spektakuler berakhir.. maka tidak perlu tunggu lama…
    hari ini juga kami luncurkan promo bonus 100% is back
    untuk para pemain lama royalflush99 tentu nya sudah tidak asing lagi.. karena
    kami pernah meluncurkan promo 100% ini… dan kini promo itu berlaku kembali
    buat para pecinta setia royalflush99
    sesuai nama nya… pemain yang melakukan deposit.. akan mendapatkan bonus
    chip sebesar nilai deposit yang disetorkan ( syarat & ketentuan berlaku)

    syarat dan ketentuan

    1. bonus chip 100% akan di kirimkan secara langsung setelah
    pemain melakukan deposit (baca keterangan cara klaim bonus dibawah )
    2.para pemain tidak bisa melakukan
    WD sebelum turnover/fee/pajak belum mencapai 30x lipat dari angkat deposit
    3. minimal deposit 50rb
    maximal deposit 1jt
    per 1 x deposit.. berarti setiap pemain hanya dapat mengklaim bonus 100%
    apabila jumlah deposit tidak melebihi jumlah maximal deposit.. apabila ada
    pemain yang melakukan deposit diatas 1jt maka yg dihitung untuk
    mendapatkan bonus 100% ada lah 1jt
    4.klaim bonus 100% berlaku 1×12 jam dari jam register/deposit atau di anggap hangus
    5.Promo bonus 100% is back dapat berakhir sewaktu-waktu tanpa ada pemberitahuan
    secara lisan ataupun tulisan ( bonus yang di klaim sesudah tanggal promo berakhir
    tidak akan dilayani)
    6.Keputusan dari pihak royalflush99 adalah mutlak tidak dapat diganggu gugat

    Cara Klaim Promo BONUS 100% is back

    1. Terlebih dahulu harus melakukan Registrasi di Royalflush99
    2. Masuk ke menu memo, tulis form Klaim voucher untuk promo bonus 100%
    3. Kemudian Tunggu balasan Memo dari admin Royalflush99 akan memberikan kode voucher bonus .
    4. Setelah mendapatkan balasan dari admin masukan Kode voucher tersebut pada kolom keterangan di menu deposit .
    5. Livechat digunakan apabila Klaim bonus belum bisa di lakukan

    PERHATIAN…!!!!
    apabila pemain belum melakukan deposit dan mencoba untuk mengklaim bonus.. maka id akan kami blokir/delete secara permanen.
    setiap pemain yang telah mendapatkan code voucher.. walaupun tidak mengklaim bonus nya.. ditetapkan telah mengikuti promo royalflush99 dan diharuskan mengikuti aturan wd
    sebalik nya apabila pemain melakukan deposit kemudian bermain di table.. setelah bermain pemain melakukan WD maka tidak akan bisa mengklaim bonus

  34. Wahai bangsa Aceh mari bersaudara bersatu melawan kedhaliman yang luar biasa sejak masa penjajahan belanda sampai hari ini belum berkhir kedhaliman malah bertambah besar kedhliman terhadap rakyat dan UUD 1945 pasa 37 harta kekayaan negara digunakan untuk kesejahteraan Rakyat Nya coba lihat apa yang terjadi di mana mana para pejabat negara ,pejabat Provinsi pejabat Daerah kabupaten kota berpoya poya atas penderitaan Rakyat nya setiap Alokas anggaran dengan alasan untuk kesejahateran Rakyat nya akan tetapi semua dikoropsi oleh Anggota DPR RI oleh para petinggi parpol ,para menteri, lembaga negara kajagung ,kajati kajari polri polda polres polsek hakim Agung hakim topikor TNI dll bahkan rakyat banyak nganggur, hargabarang naik maka untuk melawan kedhaliman perlu brsama sama kalau tidak selalu gagal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s